Senin, 08 Juni 2015

Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi

Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi - Hallo sahabat , Pada sharing ITU APA kali ini yang berjudul Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi, saya telah menyediakan Pengertian lengkap . mudah-mudahan isi postingan ITU APA yang saya Posting ini dapat bermanfaat dan tidak kepo lagi. okelah, ini dia Pengertiannya.

Bahasan : Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi
Judul Pengertian : Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi

lihat juga


Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi

Artikel Sosial, Artikel Sosiologi,

Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi

Pengertian Akomodasi adalah usaha untuk mencapai penyelesaian dari suatu pertikaian ataupun konflik (baca pengertian konflik) oleh pihak pihak yang bertikan dan mengarah pada kondisi ataupun keadaan selesainnya suatu konflik atau pertikaian tersebut. Apabila akomodasi diawali dengan upaya upaya oleh pihak pihak yang bertikai untuk saling mengurangi sumber pertentangan antara dua belah pihak, sehingga intensitas konflik mereda. 

 Macam Macam Bentuk Akomodasi

Terdapat beberapa macam macam bentuk akomodasi seperti

1. Coercion. 

Pengertian Coercion adalah proses akomodasi yang proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksaan ataupun menggunakan kekerasan. Coercion terjadi umumnya disebabkan adanya perbedaan derajat kedudukan yang jauh berbeda antara kedua pihak dalam struktur sosial (Baca pengertian struktur sosial). Salah satu contohnya adalah sengketa tahah antara orang kaya dengan orang miskin.

2. Compromise atau kompromi. 

Kompromi adalah proses akomodasi yang membuat kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan atau ekspektasi mereka sehingga sumber ketegangan berkurang agar masalah ataupun konflik dapat terselesaikan. 

3. Arbitration

Arbitration adalah proses akomodasi yang dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga sehingga menjadi penengah pertikaian diantara kedua belah pihak yang berkonflik.

4. Mediation atau mediasi. 

Mediasi adalah proses akomodasi yang merupakan penyelesaian pertikaian antara dua kelompok atau lebih yang kedua belah pihak tidak sanggup mencapai kesepakatan sehingga kedua belah pihak yang berkonflik menghadirkan pihak  ketiga agar konflik terselesaikan. Mediasi berbeda dengan arbitrasi karena dalam mediasi, pihak ketiga tidak berhak mengambil keputusan atau dengan kata lain bersifat netral sedangkan dalam arbitrasi, pihak ketiga dapat mengambil sebuah keputusan apabila terjadi kebuntuan sehingga tidak netral.

5. Conciliation 

Konsiliasi adalah usaha untuk mempertemukan pihak pihak yang berkonflik menggunakan perwakilan perwakilan dari kedua pihak sehingga mereka dapat mencapai persetujuan bersama dengan kepala yang lebih tenang. Contoh kasus yang paling nyata terjadi di Aceh yaitu GAM atau gerakan Aceh Merdeka.

6. Toleration atau toleransi 

Toleration atau toleransiadalah bentuk akomodasi yang paling acuh dari yang lain. Toleransi adalah bentuk akomodasi yang berusaha menghindari konflik sedapat mungkin, contohnya adalah toleransi dalam beragama.

7. Stalemate 

Stalemate adalah bentuk akomodasi yang terjadi antara pihak pihak yang memiliki kedudukan ataupun kekuatan yang sama besarnya sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya. Hal ini terjadi dikarenakan adanya pertimbangan apabila konflik berlanjut kepada perseteruan ataupun kontak negatif maka, akan terjadi kehancuran pada kedua pihak.

8. Adjudication 

Adjudication adalah bentuk akomodasi dengan menggunakan jalan hukum yaitu pengadilan. Masing masing pihak sepakat untuk membawa masalah tersebut ke meja peradilan.

Adapun tujuan dari akomodasi adalah:

  1. Mengurangi perbedaan paham yang ada antara kelompok kelompok yang berbeda
  2. Mencegah munculnya ledakan konflik yang dapat menjadi bibit peperangan, perpecahan yang dapat berlanjut menghasilkan disintegrasi sosial (Contoh Rohingya)
  3. Mempersatukan kelompok kelompok yang terpisah
  4. Merupakan salah satu usaha terjadinya asimilasi atau tiap kelompok yang berbeda secara vertikal ataupun horizontal dapat berbaur dan saling memahami.
pengertian akomodasi dan macam macam akomodasi
Pengertian akomodasi dan macam macam akomodasi

Sekian artikel tentang pengertian akomodasi dan macam macam akomodasi itu sendiri. Silahkan direnungi apakah setelah anda membaca tentang pengertian akomodasi ini anda dapat menggunakannya dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan konflik anda.


Demikianlah Posting Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi

Sekian Posting kali ini yang berjudul : Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah,

Anda sedang Melihat artikel Pengertian Akomodasi dan Macam macam Akomodasi dan artikel ini url permalinknya adalah http://arty-kata.blogspot.com/2015/06/pengertian-akomodasi-dan-macam-macam.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , ,

Load Comments

0 komentar

Posting Komentar