Senin, 09 Maret 2015

Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen - Hallo sahabat , Pada sharing ITU APA kali ini yang berjudul Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen, saya telah menyediakan Pengertian lengkap . mudah-mudahan isi postingan ITU APA yang saya Posting ini dapat bermanfaat dan tidak kepo lagi. okelah, ini dia Pengertiannya.

Bahasan : Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen
Judul Pengertian : Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

lihat juga


Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

Artikel Organisasi,

Pengertian Pemimpin| Apa itu Pemimpin?

Pengertian pemimpin | Setelah membahas tentang pengertian kepemimpinan, mari telusuri tentang pengertian pemimpin untuk lebih memahami tentang manajemen. Pengertian pemimpin telah banyak didefinisikan oleh para ahli manajemen seperti:

baca pengertian manajemen>>>>>>

Pengertian pemimpin berdasarkan Paul Hersey dan K.H. Blanchard pada tahun 1982 bahwa pemimpin adalah orang yang dapat memberikan pengaruhi terhadap aktivitas kerja individu ataupun kelompok dalam usaha pencapaian tujuan dalam situasi tertentu.

baca pengertian kelompok>>>

Kemudian, pengertian pemimpin yang lebih singkat oleh Martin J. Gannon pada tahun yang sama bahwa pemimpin adalah seorang atasan yang memberikan pengaruh pada perilaku bawahan. 
Selanjutnya pengertian pimpinan yang lebih membatasi tentang apa itu pemimpin oleh Kartini Kartono bahwa pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakapan khusus dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat memberikan pengaruh terhadap kelompok yang dipimpinnya, untuk melakukan usaha bersama mengarah pada pencapaian sasaran sasaran tertentu.
Berdasarkan tiga pengertian dan defnisi pemimpin diatas, dapat kita ambil beberapa syarat untuk menjadi pemimpin. Apa saja syarat untuk menjadi pemimpin ?

Syarat Pemimpin

Syarat pemimpin adalah ciri ciri yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Syarat syarat seseorang dikatakan pemimpin adalah:
a. Pemimpin haruslah memiliki kecakapan khusus
b. Pemimpin harus dapat memberikan atau memengaruhi orang lain ataupun kelompok
c. Pemimpin dapat melakukan usaha bersama
d. Pemimpin mengusahakan pencapaian tujuan bersama organisasi (visi misi organisasi).

baca pengertian visi dan misi>>>>

Setelah syarat seseorang dapat dikatakan pemimpin kita telah ketahui, maka selanjutnya yang perlu adalah tugas seorang pemimpin.
Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen
Pengertian pemimpin 

Tugas Seorang pemimpin


Berdasarkan Panji Anoraga bahwa seorang pemimpin memiliki 3 tugas utama yaitu:
a. Memberikan struktur terhadap situasi
Pemimpin haruslah bekerja untuk memberikan struktur terhadap situasi dengan menyederhanakan serta mencari solusi serta pemecahan masalah terhadap masalah kelompok ataupun organisasi.

Baca pengertian organisasi>>>>

b. Mengendalikan tingkah laku kelompok
Tugas pemimpin yang satu ini berguna untuk mengurangi tindakan ataupun tingkah laku anggota yang merugikan organisasi ataupun kelompok. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas ini, pemimpin haruslah mengawasi, memantau serta mengendalikan tingkah laku kelompok dan anggotanya.
c. Sebagai juru bicara kelompok (spokeperson)
Tugas pemimpin yang satu ini sangat dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan atraktif. Pemimpin haruslah memberikan informasi yang jelas terhadap para anggota atau bawahan dalam organisasi dan kepada masyarakat yang membutuhkan.

baca pengertian komunikasi>>>>

Sekian ulasan tentang pengertian pemimpin menurut ahli manajemen beserta penjelasan singkat tentang syarat pemimpin serta tugas pemimpin. Baca juga pengertian kepemimpinan berikut>>>>>


Demikianlah Posting Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

Sekian Posting kali ini yang berjudul : Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah,

Anda sedang Melihat artikel Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen dan artikel ini url permalinknya adalah http://arty-kata.blogspot.com/2015/03/pengertian-pemimpin-menurut-ahli.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,

Load Comments

0 komentar

Posting Komentar